Forum Politisi Muda Indonesia NTT Gelar Rapat Koordinasi untuk Kawal Pemilu 2024

PEWARTAINDO, KOTA KUPANG, NTT | Forum Politisi Muda Indonesia (FPMI) NTT gelar rapat koordinasi dalam rangka menyusun rencana kerja bidang-bidang setelah selesai mengikuti materi penguatan kapasitas politisi muda yang diselenggarakan oleh (Emerging Leaders Academy (ELA) Nusa Tenggara Timur (NTT) selama Satu tahun terakhir ini. 

Kegiatan penguatan kapasitas Politisi muda ini berakhir pada tanggal 28-29 Aguster 2023  di Swiss bellcourt M Hotel Kupang dengan menghadirkan narasumber diantaranya pengamat politik undana Dr. Rudy Rohi, M.Si (Dosen Undana), Vinsen Bureni (Direktur  Bengkel Apek), Yunnita Wake (Divisi Penanganan Sengketa Pemilu Bawaslu NTT) serta tokoh Inspirator Ketua DPRD NTT Emiliana Nomleni dan Politisi Muda Aby Yerusa Sobeukum, S.IP anggota DPRD Kabupaten Kupang dari Fraksi PKB 

FPMI Merupakan singkatan dari Forum Politisi Muda Indonesia yang merupakan Alumni ELA  (Emerging Leader's Academy) yang terdiri dari para politisi muda lintas partai politik di Indonesia.

Forum Politisi Muda Indonesia lahir pada tanggal 15 September 2022 yang kemudian di singkat FPMI ini mempunyai struktur organisasi FPMI terdiri dari kepengurusan organisasi tingkat pusat dengan sebutan Presidium Nasional yang terdiri dari dua puluh orang yang bertanggung jawab terhadap organisasi FPMI secara Nasional yang dinahkodai oleh Yoel Yosafat, S.ST dan Sekjen MHD. Ziad Ananta, S.Sos, M.Si.

Selain itu FPMI NTT yang dinahkodai oleh Aurum O. Titu Eki (Politisi PSI) dan Sekretaris Grace Ndoen (Politisi PKB), Bendahara Yogi Bubu (GOLKAR) di dampingi wakil ketua bidang Pendidikan Politik dan Ristek Fathur Dopong S.pd (Politisi PAN), Anggota Andrianus Dandi, S.H (Politisi Golkar) Wakil Ketua bidang Lingkungan Dedy Lapu (Politisi HANURA), Wakil Ketua bidang Media informasi dan Komunikasi Erni Amperawati (Politisi PPP)  Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak Anastasia Cindy Rambo (Politisi Perindo) Wakil ketua bidang Fund Rising Anggaran Muhamad Hasdar (Politisi PKS) Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pemberdayaan desa Dule Dubu (Politisi NasDem) Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Hidebertus Seli (Politisi PDIP). 

Kepada awak media, Ketua FPMI NTT Aurum O. Titu Eki menyatakan bahwa keberadaan Forum Politisi Muda Indonesia (FPMI) bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan pendidikan politik anak muda dalam rangka membangun ketahanan demokrasi.

"Pembentukan kepengurusan FPMI bertujuan memperkuat demokrasi di Indonesia,  memperkuat peran anak muda dalam politik Indonesia dan mencerdaskan politisi muda Indonesia."pungkas Aurum

Dalam kesempatan yang sama Grace Ndoen sekretaris jenderal  FPMI NTT juga menuturkan  bahwa setelah ini,  kepengurusan FPMI NTT membuat beberapa agenda untuk bersilaturahmi atau audiens  dengan semua pimpinan partai politik, media massa serta penyelenggara pemilu sebelum melakukan agenda agenda sesuai dengan kebutuhan masing masing bidang.

Adapun agenda besar FPMI NTT dalam menghadapi menjelang pemilu tahun 2024 Meliputi : Memberikan Pendidikan Politik kepada Kaum Muda,Menolak Politik Uang, kampanye Hitam (Black campaign) , menolak berita Hoax serta isu SARA . 

Kepengurusan dan Anggota FPMI NTT merupakan alumni ELA yang sudah dibakali dengan pengetahuan politik melalui program ELA I (satu) hingga ELA V (lima), dengan harapan kehadiran FPMI  dapat membentuk stigma politik yang bersih, transparan dan tetap menjunjung tinggi asas Demokrasi Indonesia. (Hasdar)

0 Komentar